Sarana Prasarana Kesenian

Seorang Ahli pendidikan Pratt (1980: 54) mengatakan, bahwa dalam menyusun kurikulum sebaiknya melibatkan lima kebutuhan manusia (human needs), yakni “need for self-actualization, needs for meaning, social needs, aesthetic needs, and survival needs”. Pernyataan Pratt tersebut menunjukkan bahwa aesthetic needs dipandang sebagai bagian yang esensial dari kurikulum sekolah, sehingga penting dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Dance

Pendidikan Seni dan Budaya sebagai aesthetic needs memiliki memiliki keunikan peran atau nilai strategis dalam pendidikan sesuai perubahan dan dinamika masyarakat. Menurut pakar pendidikan seni, dampak hasil belajar seni antara lain:
1.    Meningkatkan daya kreativitas anak dapat membantu pertumbuhan mental anak melalui penyaluran ekspresi dan kreativitas,
2.    Meningkatkan kemampuan apresiasi,
3.    Membantu perkembangan kepribadian dan pembinaan estetik anak,
4. Membantu mengembangkan perasaan anak, dapat digunakan sebagai sarana kesehatan mental.
 "Demikian besar dampak dan manfaat dari Pendidikan Seni budaya, menjadi alasan SMA Negeri 1 Jelai selalu menghadirkan pembelajaran Seni dan Budaya dalam kurikulum Sekolah."

Seni budaya yang coba dikembangkan di SMA Negeri 1 jelai adalah Tari Pedalaman, Tari Pesisir, dan Seni Musik Iringan Tari.

A. Tari Pedalaman
Seni tari merupakan seni yang memakai gerakan tubuh mengikuti irama musik yang dilakukan pada saat acara tertentu untuk keperluan umum atau pribadi untuk mengungkapkan perasaan, tujuan dan pikiran. Tarian merupakan perpaduan dari beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa. Tari yang biasa dibawakan adalah tarian suku dayak yang merupakan suku asli kalimantan. SMA Negeri 1 Jelai turut berpartisipasi dalam perlombaan/kompetisi yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Sukamara.

Peserta Tari Pedalaman


B. Tari Pesisir

Selain tari dayak pedalaman, SMA Negeri  1 Jelai juga turut serta berpartisipasi dalam kompetisi tarian tari pesisir.  Tari pesisir merupakan tari yang dipengaruhi beberapa budaya yang berkembang di Kalimantan meliputi India,Arab,Melayu dan Dayak. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment