Ekstrakurikuler


     Ekstrakurikuler adalah merupakan kegiatan di luar jam pelajaran biasa yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan, menyalurkan bakat dan minat siswa. Menurut Moh. Uzer Usman & Lilis Setiawati (1993: 22) mengemukakan bahwa ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran (tatap muka) baik dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah dengan maksud untuk lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dari berbagai bidang studi.”

Musik Band

Tujuan Ekstrakurikuler

     Kegiatan ekstrakurikuler dapat berupa kegiatan pengayaan dan kegiatan perbaikan yang berkaitan dengan. Tujuan dari ekstrakurikuler yaitu: (a) Meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek kognitif maupun afektif (b) Mengembangkan bakat serta minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju manusia seutuhnya (c) Mengetahui serta membedakan hubungan antara satu mata pelajaran dengan lainnya.

Kegiatan ekstrakurikuler menurut Entin (2011), memiliki beberapa tujuan di antaranya:

  1. Meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam semesta.
  2. Menyalurkan dan mengembangkan potensi dan bakat peserta didik agar dapat menjadi manusia yang berkreativitas tinggi dan penuh dengan karya.
  3. Melatih sikap disiplin, kejujuran, kepercayaan, dan tanggung jawab menjalankan tugas.
  4. Mengembangkan etika dan akhlak yang mengintegrasikan hubungan dengan Tuhan, Rasul, manusia, alam semesta, bahkan diri sendiri.
  5. Mengembangkan sensitivitas peserta didik dalam melihat persoalan-persoalan sosial-keagamaan sehingga menjadi insan yang proaktif terhadap permasalahan sosial keagamaan.
  6. Memberikan bimbingan dan arahan serta pelatihan kepada peserta didik agar memiliki fisik yang sehat, bugar, kuat, cekatan dan terampil.
  7. Memberi peluang peserta didik agar memiliki kemampuan untuk komunikasi (human relation) dengan baik; secara verbal dan nonverbal.


 "Kegiatan Ekstra Kurikuler (Ekskul) merupakan salah satu kegiatan unggulan SMA Negeri 1 Jelai. "

Pramuka

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan setiap potensi siswa. Terdapat lebih dari 15 cabang Ekskul yang ditawarkan kepada siswa.
Adapun macam – macam  Ekskul di SMA Negeri 1 Jelai dikelompokkan menjadi 4 (empat) bidang yaitu:
  1. Keilmuan (Karya Ilmiah Remaja (KIR), Komputer, English Club)
  2. Kesenian (Musik Band, Vocal Solo, Seni tari, Seni Drama, Film Pendek, Seni Rupa)
  3. Keterampilan (Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), PASKIBRA, Fotografi)
  4. Keolahragaan (Senam, Pencak Silat, Bulu tangkis, Sepak bola/Futsal, Basket, Sepak Bola, Takraw, Bola Voli, dan Atletik).

Previous
Next Post »
Thanks for your comment